Kapan Waktu Terbaik Mengganti Oli Mobil?


Mengganti oli secara berkala memang sangat penting untuk dilakukan karena akan berpengaruh pada performa kendaraan tersebut. Namun, sayang, tidak semua pemilik kendaraan paham kapan waktu yang tepat mengganti oli. Hingga kemudian muncul pertanyaan ganti oli mobil setiap berapa km, ya?

Jawabannya, mengganti oli kendaraan bisa dilakukan secara fleksibel tergantung kondisi kendaraan hingga situasi lalu lintas yang dilalui kendaraan. Sebagai gambaran, untuk kendaraan yang setiap harinya melewati jalan tol dengan kecepatan konstan, maka tidak perlu mengganti oli sesering mungkin. Namun, beda halnya jika kendaraan tersebut melewati jalanan yang macet, sebaiknya ganti oli lebih cepat dari biasanya. 

Selain itu, mengganti oli juga bisa dilakukan setiap 10.000 km atau jika Anda tidak sempat mengamati speedometer disarankan menggantinya setiap 6 bulan sekali. Namun, jika kendaraan Anda menggunakan oli dengan kandungan mineral yang lebih banyak, maka sebaiknya ganti oli setiap 5.000 km. Sementara itu, apabila memakai oli full sintetik, maka bisa menggantinya setiap 10.000 km.

Perlu diketahui, kualitas oli ternyata juga bisa berpengaruh pada waktu penggantian oli. Sebagai contoh, jika oli yang Anda gunakan mengandung zat adaptif, maka olinya tentu memiliki kemampuan untuk menjaga kondisi mesin agar tetap stabil dalam waktu yang lama. Dengan demikian, jika penggunaan mobil yang hanya sebatas dikendarai pada kecepatan konstan, maka mengganti oli setiap 10.000 km bukan menjadi masalah yang berarti.

Jika Anda menggunakan mobil untuk melewati lalu lintas yang macet, ada baiknya ganti oli kendaraan setiap 5.000 km. Sebab, kondisi jalanan yang macet sering kali membuat mesin menjadi cepat panas dan tarikan mesin menjadi lebih berat karena itu disarankan mengganti oli lebih cepat. 

Jadi, bisa disimpulkan, penggantian oli mobil tidak hanya berpatokan pada waktu yang ditetapkan di manual book, melainkan ada beberapa faktor yang menentukan cepat lambatnya oli mobil tersebut harus diganti. 

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Waktu Terbaik Mengganti Oli Mobil?"

Post a Comment