Cara Mengelola Keuangan ala Geng Millenial


Orang-orang yang hidup pada zaman modern seperti generasi milenial yang sering disebut dengan geng milenial patut bersyukur karena disajikan berbagai kemudahan hidup termasuk pengelolaan keuangan. Geng milenial bisa belajar dari berbagai sumber dan media secara gratis atau berbayar yang umumnya dilakukan secara online.

Adapun cara mengelola keuangan ala geng milenial sebagai berikut.

1. Siapkan Dana untuk Investasi

Untuk hidup sejahtera dan kaya tentunya harus tahu cara mengatur keuangan. Salah satu cara yang harus dilakukan agar memiliki keuangan pada masa yang datang adalah investasi. Tentukan budget minimum untuk investasi terlebih dahulu, setidaknya 10% dari gaji bagi karyawan dan keuntungan bagi pengusaha.

Gunakan instrumen investasi yang tepat. Anda sebaiknya tidak hanya memikirkan keuntungan, tetapi juga harus bernilai sosial. Jadilah investor atau pendana di Amartha, yaitu perusahaan P2P Lending yang menyediakan pinjaman modal untuk pengusaha mikro dan kecil di pedesaan.

2. Alokasikan Dana untuk Hal-Hal yang Bermanfaat

Ketika gaji naik atau penghasilan bertambah, hal yang harus dilakukan adalah mengalokasikan sebagian besar dana ke pengalaman dan pengetahuan, bukan barang. Ikutilah berbagai seminar atau pelatihan untuk menambah skill. Setelah memiliki skill, Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan.

Cara untuk menambah penghasilan adalah menjadi pendana atau pemberi pinjaman di Amartha. Uang tidak akan menganggur karena uang tersebut akan digunakan untuk berbisnis di pedesaan. Uang tersebut akan menghasilkan uang tambahan yang bermanfaat pada masa depan.

Belilah barang yang berkualitas sehingga awet. Jangan beli barang karena lapar mata. Contohnya, beli baju seharga 1 juta yang hanya bisa digunakan selama satu tahun. Belilah barang dengan harga yang lebih mahal, tetapi awet hingga beberapa tahun. Justru hal ini lebih hemat.

3. Berkomitmen dan Fokus dalam Mengelola Keuangan

Jadilah orang yang berkomitmen untuk hemat sehingga tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan. Fokus pada keberhasilan sehingga pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh.
Jangan lupa untuk menyisihkan uang yang dimiliki untuk berdonasi yang memberikan manfaat bagi orang lain. Berdonasi bisa berupa pemberian uang secara langsung, tetapi bisa berupa pemberian pinjaman modal yang membuat orang lain menjadi lebih produktif.

Cobalah untuk memberikan pinjaman kepada pengusaha mikro dan kecil di pelosok melalui Amartha. Cukup mendaftar menjadi anggota dan menyetorkan dana sebesar Rp 3 juta, Anda sudah bisa menjadi investor sekaligus donator bagi kemajuan bangsa.

Money can’t buy happiness, but money can make us happy. Setuju? Untuk itu, kita harus melek tentang pengaturan keuangan agar masa depan cerah. Jangan kaget ketika menerima penghasilan yang besar suatu hari nanti. Pertimbangkan tentang alokasi dan pemanfaatan dana supaya lebih bermanfaat dan menghasilkan. Selamat mengatur keuangan!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengelola Keuangan ala Geng Millenial"

Post a Comment