Bersaing di Era Digital dengan Toko Kelontong Online


Dewasa ini perkembangan minimarket dan toko online begitu pesat, bisnis ritel kecil seperti toko kelontong pun mulai banyak ditinggalkan. Mau tidak mau pengusaha toko kelontong harus mengikuti perkembangan ini agar bisnis tetap berjalan, salah satu terobosan besarnya adalah toko kelontong online. Guna memahami lebih jauh, berikut pembahasannya.

Penyebab Toko Kelontong Sepi
Sebelum memikirkan sebuah solusi pastinya kita harus tahu apa akar masalahnya, dalam hal ini menurunnya konsumen yang berbelanja di toko kelontong. Tidak bisa dipungkiri bahwa sepinya toko kelontong terjadi karena pertumbuhan minimarket yang begitu pesat. Secara umum hal ini disebabkan 3 hal, yaitu tempat, produk dan harga.

Tempat yang bersih, produk yang tertata rapi serta ruangan ber-AC membuat konsumen lebih nyaman berbelanja di minimarket ataupun supermarket. Terlebih lagi E-commerce, Anda bisa berbelanja dari rumah dengan smartphone kemudian tinggal menunggu barang belanjaan datang.


Hal lainnya adalah ketersediaan produk. Tidak banyak toko kelontong yang memiliki produk yang beragam. Modal yang terbatas serta sistem pembukuan yang manual menjadi penyebab kurang optimalnya ketersediaan produk di toko kelontong. Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang inventory management juga menjadi salah satu penyebabnya.

Persaingan harga antara toko ritel tradisional dan modern juga turut berpengaruh terhadap sepinya pembeli. Baik minimarket maupun E-commerce menawarkan berbagai promo yang menarik sehingga harganya bisa lebih murah. Akibatnya konsumen akan memilih minimarket atau E-commerce yang memiliki harga lebih murah.

Modernisasi Toko Kelontong Berbasis Online
Berbagai kekurangan toko kelontong yang dijelaskan sebelumnya, tidak berarti pengusaha hanya bisa diam dan menunggu konsumen berpindah dengan sendirinya. Upaya perlu dilakukan untuk merubah hal ini, terutama memperbaiki berbagai kekurangan tersebut. Salah satu caranya adalah melakukan modernisasi dengan toko kelontong online.

Tidak ada salahnya melakukan perubahan, apalagi jika bisa menyamai atau bahkan melebihi pesaing. Sistem pelayanan di mana penjaga toko harus mengambil belanjaan pembeli, membuat inefisiensi dan pelayanan menjadi lambat. Kenapa tidak mengubah tatanan tempat seperti minimarket, di mana pembeli mengambil belanjaannya sendiri kemudian membawanya ke kasir. 

Masalah pembukuan bisa Anda selesaikan dengan menggunakan sebuah software komputer. Selain mengontrol pemasukan dan pengeluaran, sistem ini juga bisa memantau ketersediaan barang serta menentukan barang apa yang harus distok secara lebih akurat. Anda juga bisa dengan akurat melihat barang apa yang masa kedaluwarsanya akan habis.

Sistem online ini juga memungkinkan Anda bertukar pikiran, ide atau gagasan kepada sesama pengusaha toko kelontong melalui media jejaring. Sehingga berbagai pengalaman baru serta inovasi-inovasi akan muncul, yang dapat berimplikasi pada peningkatan daya saing dan perkembangan toko kelontong Anda.

Demikian pembahasan singkat tentang toko kelontong online. Berbagai keuntungan di atas bisa Anda dapatkan dengan bergabung di Sampoerna Retail Community (SRC). Dimana Anda akan diberikan pendampingan usaha serta pelatihan dari para ahli bisnis ritel, mulai dari penataan toko, aktivasi konsumen hingga ekspansi bisnis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bersaing di Era Digital dengan Toko Kelontong Online"

Post a Comment